Resep Gorengan Jengkol

Tahukah kalian bahwa jengkol kaya akan manfaat? Meskipun memiliki aroma yang kurang sedap, jengkol memiliki manfaat yang sudah teruji. Diantaranya adalah jengkol memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat membantu pembangunan jaringan dalam tubuh, mencegah anemia dan membantu dalam memperkuat tulang dan gigi. Jadi bagi kalian yang memiliki alergi terhadap susu sapi, mungkin dapat mencoba jengkol sebagai sumber kalsium. Namun patut diperhatikan untuk cara mengkonsumsinya. Bagi penderita gangguan organ ginjal sebaiknya menghindari memakan jengkol. Dan batas aman untuk mengkonsumsi adalah 3-10 gr perharinya.
Umumnya jengkol di olah menjadi rendang. Di masak sampai empuk dengan bumbu utama cabai dan santan. Namun kali ini Cuma Resep memberikan resep alternatif untuk mengolah jengkol. Yaitu di goreng menggunakan tepung. Rasanya sangat enak, kalian patut mencobanya. Yuk kita lihat bahan dan cara membuatnya.

resep gorengan jengkol

Bahan yang dibutuhkan:
  1. 1/4 kg jengkol
  2. 3 sendok makan tepung terigu
  3. 5 sendok makan tepung beras
  4. Gula secukupnya
  5. Garam secukupnya
  6. Penyedap rasa secukupnya
Cara membuat:
  1. Kupas kulit jengkol kemudian bersihkan hingga bersih. Lepaskan bagian atas bawahnya, lalu bersihkan bagian tengahnya. Sisihkan.
  2. Campur tepung beras dan tepung terigu dalam satu wadah. Kemudian bumbui dengan gula, garam dan penyedap rasa secukupnya. Aduk rata. Setelah itu bagi menjadi dua bagian menjadi bumbu tepung basah dan kering.
  3. Iris-iris jengkol menjadi 5-7 bagian. Jangan sampai terlalu tebal. Lalu sisihkan.
  4. Kemudian masukkan ke dalam adonan tepung basah terlebih dahulu, kemudian gulingkan pada adonan tepung kering. Setelah itu goreng dalam api panas hingga kecoklatan. Lakukan satu persatu/perbagian jengkol agar tidak menempel.
  5. Aduk gorengan jengkol dalam minyak  menggunakan sodet agar tidak saling menempel.
  6. Sekedar tips, gunakan tangan untuk memasukkan jengkol dalam adonan tepung basah dan kering dan memasukkannya dalam minyak panas. Jika menggunakan sendok akan membuat gorengan saling menempel.
  7. Jika sudah kecoklatan, angkat kemudian sajikan.
Gorengan jengkol ini sangat nikmat di makan dengan nasi hangat dan sambal. Atau juga bisa dinikmati dengan di santap begitu saja. Sensasi kriuknya di jamin akan membuat kalian ketagihan.
Selamat mencoba!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Android Portal Indonesia