Resep Gulai Lele

Lele merupakan salah satu ikan yang mudah untuk mengolahnya. Rasanya yang gurih dan terjangkau pun membuat ikan lele sangat di gemari oleh kalangan masyarakat. Tak hanya itu, ikan lele juga mempunyai banyak manfaat. Keunggulan ikan lele dibandingkan sumber hewani yang lain adalah kaya akan kandungan Leusin dan Lisin. Leusin adalah asam amino esensial yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Sedangkan Leusin untuk perombakan dan pembentukan protein otot.
Biasanya lele di olah menjadi menu masakan pecel lele. Olahan ikan lele yang di goreng kemudian disajikan dengan sambal pecel dan lalapan memang tak dapat hindari kenikmatannya. Namun kali ini Cuma Resep akan menghadirkan kreasi lain olahan dari ikan lele. Yaitu gulai ikan lele. Kuah santan pedas ini sangat segar dan cocok dengan ikan lele yang gurih. Yuk, kita simak cara membuatnya.


resep gulai lele

Bahan yang di butuhkan:
  1.  3 ekor lele berukuran sedang
  2. 100 ml santan siap pakai
  3. 6 butir bawang merah
  4. 4 butir bawang putih
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 1 batang serai
  7. 2 cm kunyit
  8. 2 cm lengkuas
  9. 1 cm jahe
  10. 1 liter air
  11. Garam
  12. Gula
  13. Penyedap rasa
  14. Minyak untuk menggoreng
 Cara membuat:
  1. Bersihkan dan kupas bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit. Kemudian haluskan, sisihkan.
  2. Bersihkan perut lele, setelah itu taburi dengan dengan lemon dan garam. Kemudian goreng dengan api sedang hingga setengah kering. Sisihkan.
  3. Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan santan. Rebus sampai 10 menit. Lalu bumbui dengan gula, garam dan penyedap rasa.
  4. Cuci bersih daun jeruk, lalu robek sedikit. Kemudian masukkan ke dalam panci.
  5. Cuci bersih serai, kemudian geprek-geprek. Lalu masukkan ke dalam panci.
  6. Masukkan ikan lele ke dalam rebusan kuah gulai. Masak lagi selama 5 menit. Matikan api, lalu sajikan.
Gulai ikan lele ini sangat cocok di makan dengan nasi hangat pada jam makan siang kalian. Jangan lupa tambahkan kerupuk. Dijamin waktu makan kalian akan lebih nikmat. Jadi jangan lupa membuatnya ya.
Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Android Portal Indonesia