Resep Sup Ikan Nila

Tak hanya dibuat menjadi pepes, ikan nila juga sangat enak dibuat menjadi sup. Jika kalian kurang begitu menyukai masakan yang terlalu kaya rasa, maka resep kali ini bisa menjadi pilihan kalian. Kali ini Cuma Resep memberikan resep sup ikan nila. Sup ini sangat cocok dinikmati bagi yang sedang kurang nafsu makan. Rasa ringan dari kaldu ikan dan wangi daun kemangi pasti akan menggugah selera kalian.
Tak hanya tulangnya yang sedikit, ikan nila juga sangat kaya akan gizi. Ikan sungai ini tak hanya kaya akan protein, tapi juga mengandung fosfor, kalium dan omega 3. Seperti kita ketahui, omega 3 sangat baik untuk perkembangan otak, menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk janin dalam kandungan. Selain itu juga harganya yang terjangkau, membuat ikan nila ini sangat digemari masyarakat.
Nah, jadi jangan ragu lagi untuk menyantap ikan nila ya. Seperti membuat masakan sup ikan nila ini. Yuk, kita lihat cara membuatnya.

resep sop ikan nila

Bahan yang dibutuhkan:
  1. 1/2 kg ikan nila
  2. 1 ruas lengkuas
  3. 2 ruas jahe
  4. 1 buah serai
  5. 1 genggam daun kemangi
  6. 1 batang daun bawang
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 buah tomat ukuran besar
  9. 5 buah cabai rawit
  10. Gula
  11. Garam
  12. Merica
  13. Penyedap rasa
  14. Air
Cara membuat:
  1. Bersihkan sisik dan keluarkan insang juga isi perut ikan nila. Jika berukuran sedang potong ikan nila menjadi 3 bagian. Namun jika ikan nila berukuran kecil, cukup potong menjadi dua.
  2. Siapkan panci untuk merebus air. Tunggu hingga mendidih.
  3. Cuci bersih lengkuas, jahe, daun salam dan serai. Kemudian geprek sedikit, lalu masukkan kedalam panci yang berisi air mendidih.
  4. Masukkan ikan nila yang sudah dibersihkan. Lalu rebus kira-kira selama 3 menit.
  5. Bumbui sup dengan garam, gula, penyedap rasa dan merica.
  6. Kemudian cuci bersih tomat, cabai rawit, daun bawang dan daun kemangi. Potong-potong tomat dan daun bawang, kemudian masukkan kedalam panci rebusan. Masukkan cabai rawit secara utuh.
  7. Masak lagi kira-kira selama 5 menit, lalu angkat dan sajikan.
Jika kalian tidak menyukai pedas, cabai rawit tidak perlu dipotong sehingga rasa sup tidak akan menjadi pedas. Sup ikan nila ini sangat segar dan nikmat dinikmati dengan nasi hangat. Membuatnya pun sangat mudah kan? Jadi jangan lupa membuatnya ya.
Selamat mencoba!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Android Portal Indonesia